Computer Based Treaning (CBT)

A.      Computer Based Treaning (CBT)
CBT atau singkatan dari Computer Based Treaning merupakan media komunikasi berbasis CD/LAN/WEB Interactive yang dibuat sebagai alat pelatihan dan pengenalan materi internal pembelajaran. CBT merupakan proses pendidikan berbasiskan komputer, dengan memanfaatkan media cd-rom dan disk-based sebagai media pendidikan (Horton,2000). Dengan memanfaatkan media ini, sebuah cd-rom bisa terdiri dari video klip, animasi, grafik, suara, multimedia dan program aplikasi yang akan digunakan oleh peserta didik dalam pendidikannya.
Pelatihan berbasis CBT adalah kegiatan belajar yang dapat diakses melalui komputer atau perangkat genggam. Biasanya hadir CBT konten secara Linear, dengan membaca buku online atau manual. Untuk alasan ini CBT sering digunakan untuk mengajarkan proses statis, seperti menggunakan perangkat lunak atau menyesaikan persamaan matematika.
Istilah Computer Based Treaning sering digunakan bergantian dengan pelatihan berbasis web (WBT) dengan perbedaan utama dimana biasanya CBT disampaikan melalui cd-rom, sedangkan WBT disampaikan melalui internet menggunakan web browser. Penilaian belajar melalui CBT biasanya dalam bentuk pilihan ganda pertanyaan, atau penilaian lain yang dapat dengan mudah dinilai oleh komputer seperti drag-and-drop, tombol radial, simulasi atau sarana interaktif lainnya.
CBT memberikan rangsangan belajar diluar metodologi pembelajaran tradisional karena dapat menjadi alternatif yang baik untuk bahan pembelajaran cetak rich media, termasuk video atau animasi dengan mudah untuk meningkatkan pembelajaran.
Kelebihan Computer Based Training (CBT) :
1. Tampilannya bisa mengasilkan kombinasi antara tulisan (teks), suara (audio), gambar (video), serta animasi.
2. Dapat mengakses animasi informasi secara instan dari manapun yang dicakup dari compact disk tersebut.
3. Dapat menghasikan gambar yang lebih jelas
4. Program dan sistem compurt based treaning (CBT) yang lebih canggih lebih memungkinkan pembelajaran mengakses lebih banyak bukan hanya satu macam pilihan seperti pada audiotape ataau videotape.
5. Menyediakan fasilitas akses informasi yang lebih banyak.
6. Dapat disesuaikan dengan motivasi, kemampuan, dan kecepatan belajar.
7. Mengurangi kekhawatiran pembelajaran jika kurang paham.
8. Peserta dapat belajar sesuai kecepatan pemahaman masing-masing, tanpa dibatasi ruang dan waktu, mereka dapat menyesuaikan waktu pembelajaran sesuia dengan ketersediaan waktu mereka.
Umumnya CBT dibekali dengan tutorial interaktif, atihan, simulasi melalui video yang di akases online maupun dalam bentuk cd-rom.
Kelemahan Computer Based Treaning :  
1. Kurang adanya interaksi antar manusia, jadi untuk peserta didik yang menyukai interaksi dalam metode pembelajaran tradisional akan menganggap pembelajaran dengan model CBT sangat sulit bagi mereka.
2.   Memerlukan biaya yang cukup mahal, (untuk mengembangkan materi, biaya software atau hadware yang digunakan).

 
1.     



 

 
1.     

1.     

1.      

1.      

1.      


Previous
Next Post »